Menjaga Eksistensi Pengajian Yasin

Para jemaah berkumpul mengikuti pengajian Yasin di Kalenderwak, Desa Karangasari, Cikarang Timur, Kamis (13/2/2020) malam.

Kamis, 13 Februari 2020, kegiatan pengajian Yasin keliling door to door kembali digelar. Jemaah Masjid Al-Inabah Kalenderwak, Desa Karangsari, Kecamatan Cikarang Timur, menunjukkan spirit membara mengikuti jalannya pengajian ini dengan khidmat. Pengajian perdana pada putaran kali ini digelar di rumah Ismail Saleh, selaku koordinaor pengajian, yang juga Kepala Dusun di Desa Karangsari.

Dalam konteks sejarah berdirinya, pengajian yang digagas oleh para sesepuh, seperti Alm. H. Ahmad Roem, M. Ayub Khan, M. Syawaludin (Babah penulis), H. Onin, H. Utsman, H. Ahmad Dimyati dan tokoh lainnya ini selalu menunjukkan eksistensinya.

Kendati demikian, jumlah pesertanya fluktuatif. Hal tersebut terkadang dipengaruhi oleh tensi politik yang sedang berkembang, seperti Pilkades, Pemilu dan Pilkada. Tetapi secara universal, jemaahnya selalu istikamah melanjutkan kegiatan pengajian ini. Hingga detik ini, jemaahnya berkisar 50 orang. Mereka militan dan tak tergoyahkan, karena substansi dari pengajian ini sangat kental sebagai ajang silaturahmi dan bersifat inklusif. Siapapun bebas menjadi anggota pengajian.

Seperti yang disampaikan Wahyudin, selaku yang diberi amanah sebagai penyampai materi. Menurutnya, hanya orang yang istikamahlah yang konsisten mengikuti pengajian ini. Tidak galau dengan suhu politik yang sedang memanas. Pengajian jalan terus hingga mengembuskan nafas terakhir. Bukankah mencari ilmu itu sepanjang hayat? Rasulullah pernah mengingatkan: “Tuntutlah ilmu dari buaian hingga ke  liang lahat”. Pesan Nabi ini sejatinya bisa membangkitkan spirit dan semangat kita untuk terus menggali ilmu (long life education).

Pengajian kali ini dikemas full spiritual. Diawali dengan sambutan shahibul bait, kemudian dilanjutkan dengan pembacaan tahlil dan Yasin, yang dipimpin langsung oleh Ahmad Baihaqi dan Idris Al-Ayyubi secara bergantian. Sedangkan, yang bertindak sebagai penyampai materi adalah Wahyudin, Syamsudin dan Syarif Bunarif. Dengan adanya pengajian ini, rasanya reugreug silaturahmi akan mampu merekatkan ukhuwah Islamiah antarumat.

Semoga saja pengajian ini terus eksis dan mampu membina keimanan umat dari masa ke masa. Hubungan dengan tetangga pun diharapkan kian erat. Insya Allah kita akan bersama di Surga-Nya Allah SWT nanti. Aamiin.

Kontributor: Wahyudin N.S., Pembina Pengajian Yasin Keliling.

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

id_IDIndonesian
id_IDIndonesian
%d blogger menyukai ini: